7 Ragam Takjil Buka Puasa Yang Selalu Diminati Semua Anggota Keluarga

Thu, 09 May 2019 09:04

Setelah puasa sehari penuh, beberapa sajian takjil buka puasa berikut kerap diburu kala bedug magrib berkumandang. Selain itu, ragam takjil ini juga selalu diminati oleh semua anggota keluarga. Jika kamu bingung ingin menyiapkan takjil berbuka seperti apa di rumah, intip saja inspirasi berikut.

 

kolak

Kolak biji salak salah satu takjil buka puasa populer yang banyak diburu. (Foto: Shutterstock

1. Kolak

Sajian manis legit berkat campuran gula jawa dan santan gurih. Disantap selagi hangat atau dengan tambahan es batu, sajian ini tetap saja nikmat. Kandungan gula di dalamnya mampu mengembalikan tenaga kamu setelah seharian berpuasa. Buah pisang, ubi jalar, singkong, labu parang, hingga kolang kaling kerap digunakan sebagai isian kolak. Kalau ingin tampil beda, kamu juga bisa, lho, menyajikan kolak putih. Gunakan gula pasir sebagai pengganti gula jawa. Kolak putih ini pas banget dengan isian tape singkong. Mantap!

 

2. Gorengan

Siapa yang bisa melewatkan nikmatnya sensasi kriuk gorengan sebagai takjil buka puasa. Apa lagi ditemani dengan secangkir Teh SariWangi manis hangat. Kalau ingin membuat gorengan di rumah, kamu bisa membuat sajian tempe mendoan atau tahu brontak. Supaya tetap hangat saat disantap tapi kamu nggak  kewalahan menyiapkannya menjelang waktu berbuka, siapkan semua bahannya di siang hari, kemudian simpan di kulkas. Untuk tahu berontak, siapkan tahu yang sudah diisi, untuk kemudian tinggal digoreng saat sudah dekat magrib.

 

3. Bubur Manis

Sajian bubur manis seperti bubur mutiara, hingga bubur sumsum, tak kalah populer sebagai takjil buka puasa. Sama seperti kolak, sajian bubur manis ini juga bisa dinikmati dalam dua gaya, hangat dan dingin. Jika ingin membuat bubur manis yang sedikit lebih spesial untuk akhir pekan bersama keluarga besar, kamu bisa membuat bubur kampiun yang berisikan campuran beberapa bubur manis, seperti candil, bubur sumsum, ketan hitam, sarikaya, dan kolak pisang.

 

4. Es Buah

Setelah berpuasa sehari penuh, sajian es buah sangat cocok sebagai takjil buka puasa agar stamina tubuh kembali pulih. Selama bulan Ramadhan, persediaan buah blewah dan timun suri di pasaran meningkat. Kedua buah ini bisa kamu tambahkan sebagai campuran sajian es campur, es cendol, hingga es cincau. Selain itu kamu juga bisa membuat es buah dengan menggunakan es krim vanilla dari Wall’s yang ditambahkan potongan buah segar.

 

martabak

Martabak manis, takjil buka puasa favorit lintas usia. (Foto: Shutterstock)

5. Martabak

Salah satu takjil buka puasa favorit lintas usia. Baik martabak manis maupun martabak gurih, sajian ini tetap memiliki penggemarnya. Ingin membuat martabak gurih sendiri tapi malas membuat adonan kulitnya? Cukup gunakan kulit lumpia siap pakai yang mudah didapatkan di pasar tradisional hingga supermarket. Jangan lupa menambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam sebagai kunci kelezatan sajian martabak kamu.

 

6. Puding

Puding manis yang tersaji dalam keadaan dingin juga tak kalah favorit. Bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa, mendapatkan puding sebagai takjil buka puasa menjadi sebuah ‘hadiah’ yang sangat bernilai. Selain itu, puding juga bisa menjadi sajian yang kamu bawa pada saat potluck bersama keluarga atau sahabat.

 

7. Jajanan Pasar Gurih

Jajanan pasar gurih, seperti sosis solo, lontong isi, lemper, atau arem-arem juga kerap diburu sebagai santapan saat berbuka. Saat harus berbuka di jalan, sajian ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengganjal perut sampai waktunya makan berat.

 

Dari semua takjil buka puasa yang sudah dibahas, mana yang mau kamu buru untuk buka puasa nanti? Manis hangat, dingin segar, atau gurih kriuk? Apa pun takjilnya, selalu ingat untuk menyantapnya secara perlahan agar lambung tidak ‘kaget’ setelah seharian berpuasa, ya.

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer