Ingin Menambah Pahala Bulan Ramadhan? Terapkan 4 Hal Ini

Sat, 03 June 2017 22:29

 

Semua orang seakan berlomba menambah pahala bulan Ramadhan. Sebab, di bulan suci ini setiap kebaikan akan mendapat pahala berlipat. Tidak harus dengan melakukan sesuatu yang besar, kok. Selain tentunya menunaikan ibadah yang sifatnya wajib, seperti berpuasa dan shalat, kamu bisa memperbanyak pahala di bulan suci ini dengan melakukan sesuatu yang mudah dan sederhana. Apa saja hal-hal kecil yang dapat menjadi penyempurna ibadah puasa?  
 

  1. Menebar senyum

Selain mendapatkan pahala, tersenyum juga memberi manfaat bagi orang lain. Senyuman tulus yang kamu berikan akan menyebarkan kebahagiaan  bagi orang-orang di sekitar kamu. Kebiasaan baik satu ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tersenyum juga mampu melatih diri untuk lebih berlapang hati dan tidak mudah tersinggung.  

  1. Berbagi pengetahuan

Berbagi pengetahuan sebenarnya bisa dilakukan di hari-hari lain selain di bulan Ramadhan. Mulai dari berbagi pengetahuan yang bersumber dari berbagai buku pengetahuan modern hingga pengetahuan yang bersumber dari pengalaman kita sendiri. Namun, khusus di bulan yang mulia ini, alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk berbagi ilmu agama. Kamu dapat berbagi pengetahuan tentang ilmu Islam yang baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Sambil berbagi, kamu pun punya kesempatan untuk me bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk kita mendalami agama lebih sempurna lagi.  

  1. Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi umat muslim. Jika di hari-hari biasa Al-Qur’an seringkali tak sempat dibaca, maka kamu harus memanfaatkan momen Ramadhan tahun ini untuk mulai membaca, memahami, dan mengamalkan isi kandungannya. Jangan sia-siakan pahala berlipat yang dijanjikan karena tiap huruf yang kamu baca mengandung kebaikan. 

  1. Bersedekah kepada yang membutuhkan

Di bulan Ramadhan ini, jangan lupa juga untuk kita bersedekah. Bersedekah tidak harus dalam jumlah yang besar, cukup menyisihkan sedikit harta yang kita miliki dan memberikan ke orang yang membutuhkan. Sedekah terkesan mirip dengan zakat atau infaq, tetapi ketiganya memiliki pengertian yang berbeda. Selain akan membuat hati tenang dan orang lainpun senang, pahala bersedekah di bulan suci Ramadhan ternyata sangat besar, lho 

 

Tak sulit, kan, mengejar berkah dan pahala bulan Ramadhan? Kini bahkan kamu juga bisa berbagi sambil belanja. Tanpa kamu sadari, setiap rupiah yang kamu belanjakan  akan ada yang didonasikan untuk 1001 panti asuhan yang tersebar di beberapa wilayah tanah air. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat mengumpulkan pahala. 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer