5 Rahasia Bulan Ramadhan Ini Pasti Bikin Kamu Semangat Beribadah

Sat, 03 June 2017 16:00

Rahasia bulan Ramadhan yang utama terletak pada nikmat yang akan umat muslim dapatkan jika melakukan ibadah dengan hati yang tulus. Nah, supaya bisa lebih semangat dalam beribadah, penting, nih, untuk tahu beberapa bonus yang bisa kamu raih selama menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh!

1/ Menyehatkan Tubuh

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau puasa itu berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan berpuasa, organ pencernaan akan beristirahat dan tubuh dapat melakukan detoks untuk membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Detoks ini akan semakin efektif jika kamu menjaga asupan makanan saat berbuka puasa dan sahur. Tetap konsumsi buah dan sayur dalam porsi yang cukup selama berpuasa.

2/ Membersihkan Hati

Menahan emosi saat bulan Ramadhan membuat hatimu menjadi lebih lapang. Berpuasa membuat kamu jadi lebih bersabar, menghindari rasa iri, dan menghapus dendam. Dengan berusaha membersihkan hati dari hal-hal negatif ini, jiwamu pun akan menjadi tenang. Hatimu jadi jadi terbebas dari hal-hal negatif. Hati yang bersih akan membuat hidup jadi lebih bahagia.

3/ Menguatkan Iman

Menyadari bahwa bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk menambah pahala, maka kamu pun akan semakin taat beribadah. Jika dilakukan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh, semua ibadah yang kamu jalankan selama bulan puasa ini akan menguatkan imanmu kepada Allah. Kamu pasti akan merasa lebih dekat kepada-Nya.

4/ Belajar Bersyukur

Merasakan haus dan lapar, berusaha hidup sederhana, dan mengunjungi fakir-miskin saat bulan Ramadhan akan membukakan matamu tentang betapa banyaknya nikmat yang telah diberikan Allah kepadamu. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih banyak bersyukur. Dengan melihat ‘ke bawah’ kamu semakin sadar bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang hidupnya ternyata tidak seberuntung kamu. Tak pantas kalau kamu terus-terusan mengeluh, kan?

5/ Menambah Pengetahuan

Di bulan ini, tanpa disadari kamu jadi lebih sering ke masjid dan jadi lebih sering mendengarkan ceramah, baik saat melakukan shalat tarawih berjamaah atau saat kultum menunggu azan magrib di televisi. Dengan begini, pengetahuanmu tentang ilmu agama jadi bertambah.

Sudah menyadari rahasia bulan Ramadhan yang bisa kamu dapatkan sebagai bonus dari menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh, kani? Mulai Ramadhan ini, yuk, jalani bulan suci ini dengan hati yang lebih tulus.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer