Puasa Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Ini Keistimewaannya

Fri, 02 June 2017 18:28
Lantai-Mesjid-yang-selalu-terjaga-kebersihannya-750x400.jpg

Puasa hari Jumat di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Seperti sudah diketahui, hari Jumat adalah hari istimewa bagi umat muslim. Hari ini merupakan saatnya umat muslim laki-laki melaksanakan shalat Jumat. Para ulama pun mengatakan kalau hari Jumat adalah hari khusus untuk memperbanyak doa dan ibadah. Oleh karena banyak sekali keutamaan hari Jumat dibanding hari-hari lainnya, maka sudah pasti istimewa juga lah bila kamu melakukan ibadah puasa Ramadhan di hari ini. Apa saja keutamaan dan keberkahan yang akan didapat? Ini dia beberapa diantaranya:

 

1. Hari Terbaik dan Mulia

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu dijelaskan tentang keutamaan dan kemuliaan hari Jumat, yang artinya, “Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu, adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari di mana ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat.”

 

Bahkan Rasulullah berkata yang dijelaskan dalam Hadis Riwayat Ahmad, “Hari Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jumat ini lebih mulia dari Hari Idul Fitri dan Hari Idul Adha di sisi Allah.” Di hari terbaik dan mulia inilah puasa yang kita lakukan menjadi lebih bermakna.

 

2. Terdapat Waktu Mustajab untuk Berdoa

Dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah dijelaskan bahwa pada hari Jumat terdapat waktu mustajab, di mana jika seorang muslim berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.

 

Dari berbagai macam pendapat tentang waktu mustajab itu, ada dua yang paling kuat, yaitu pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat dan kedua, yaitu setelah waktu Ashar. Jadi, gunakan sebaik-baiknya waktu mustajab ini untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

 

3. Sedekah di Hari Jumat Lebih Utama

Sedekah di hari Jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Perbandingan sedekah di hari Jumat dengan sedekah di hari lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di bulan-bulan selain Ramadhan. Seperti yang dijelaskan seorang Imam Sunni dan ahli Fiqih Ibnu Qoyyim, yang artinya, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya, laksana sedekah bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.”

Nah, kita bisa bersedekah sambil belanja, lho. Karena lewat program #BelanjaBerbagi Unilever, kita bisa ikut menyumbang ke 1001 panti asuhan setiap membeli produk Unilever.

 

4. Hari Berkumpulnya Umat Muslim

Hari Jumat adalah hari di mana seluruh umat muslim, terutama kaum laki-laki, berkumpul dan melakukan shalat berjamaah di masjid. Berkumpulnya umat muslim di hari Jumat ini membuat mereka bisa menjalin silaturahmi dan mendapatkan pengetahuan sambil mendengarkan khutbah.

Selain itu, pahala yang didapat dengan berjalan ke masjid untuk mekakukan shalat Jumat sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang diayunkan setara dengan pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah.” (HR. Ahmad).

Umat muslim juga diharuskan berpakaian bersih dan rapi ketika shalat Jumat di masjid. Karena itu, cucilah pakaian yang akan kita pakai ke masjid dengan menggunakan pewangi pakaian.

 

5. Hari Dihapuskannya Dosa-dosa

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Antara shalat yang lima waktu, antara Jumat yang satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233). Hadist tersebut menjelaskan kalau ibadah di hari Jumat bisa menghapus dosa-dosa kita, termasuk melakukan ibadah puasa Ramadhan di hari Jumat.

 

Setelah tahu semua keistimewaannya, yuk, gunakanlah waktu puasa di hari Jumat sebagai kesempatan untuk mendapatkan pahala istimewa dari Allah SWT.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer