Begini Cara Menghitung Zakat Mal yang Harus Kamu Keluarkan

Thu, 09 May 2019 11:15

Hingga saat ini kamu masih bingung cara menghitung zakat maal? Tidak perlu malu, kamu tidak sendirian. Menghitung zakat mal memang tidak semudah zakat fitrah. Apalagi jika dirinci lebih mendalam, jenis harta yang wajib dikeluarkan untuk zakat maal bukan cuma harta berupa uang, lho. Yuk, belajar sama-sama.

 

zakat

Pelajari cara menghitung zakat mal dari pendapatanmu setiap bulan. (Foto: Shutterstock)

 

Jenis & Syarat Zakat Mal

Selain berupa harta atau penghasilan,  rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, dan perak yang kamu miliki ternyata juga wajib dizakatkan, selama syarat-syaratnya sudah terpenuhi.

Syarat harta yang sudah wajib dizakati adalah:

1. Kepemilikan sempurna

Artinya pemilik harta tersebut memungkinkan untuk mempergunakan dan mengambil manfaatnya secara utuh. Sehingga, harta tersebut berada di bawah kontrol dan kekuasaannya.


2. Berkembang (produktif atau berpotensi produktif)

Secara mudah, berkembang artinya jika sifat harta tersebut dapat memberikan keuntungan atau pendapatan lain.


3. Mencapai nisab

Nisab artinya batas jumlah minimun yang dimiliki. Jika jumlah hartamu masih di bawah nisab, artinya harta tersebut belum wajib dikeluarkan zakatnya


4. Melebihi kebutuhan pokok

Kamu wajib berzakat  jika hartamu sudah melebihi dari kebutuhan yang membuatmu dapat hidup dengan layak, seperti belanja sehari-hari, pakaian, rumah, perabot rumah tangga, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.


5. Terbebas dari hutang

Orang yang mempunyai utang, jumlah utangnya dapat digunakan untuk mengurangi jumlah harta wajib zakat yang telah sampai nisab. Jika setelah dikurangi utang harta wajib zakat menjadi tidak sampai nisab, harta tersebut terbebas dari kewajiban zakat


6. Mencapai haul

Maksudnya adalah bahwa masa kepemilikan harta tersebut sudah berlalu selama 1 tahun dalam hitungan tahun Hijriah. Persyaratan satu tahun ini hanya berlaku bagi ternak, emas, uang, dan harta benda yang diperdagangkan. Sedangkan harta hasil pertanian atau zakat profesi tidak disyaratkan harus mencapai satu tahun.

 

 

 zakat

Kebingungan mencari jawaban cara menghitung zakat mal kini tak akan kamu alami lagi. (Foto: Shutterstock)

Cara menghitung Zakat Mal

Di antara jenis-jenis zakat mal, kali ini kita akan fokus membahas tentang perhitungan zakat profesi atau zakat penghasilan. Dasarnya adalah dari QS. Al Baqarah: 267, yang potongan ayatnya berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu” Jadi Allah meminta kita untuk mengeluarkan sebagian hasil dari usaha kita. Sebagai seorang pekerja profesional atau karyawan, bentuk pekerjaan kita menghasilkan uang.

Nisab zakat profesi adalah setara dengan 653 kg gabah  atau 524 kg beras (makanan pokok).  Jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan nilainya sebesar 2,5% . Contoh cara perhitungan zakat maal (sumber: zakat.or.id)

Arief adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di Bogor. Ia mempunyai seorang istri dan dua orang anak yang masih kecil. Penghasilan per bulannya adalah Rp5.000.000. Maka perhitungannya adalah:

Pendapatan gaji per bulan Rp5.000.000

  1. Nisab = 522 kg beras @Rp7.000 (relatif) Rp 3.654.000 (berarti Arief sudah wajib mengeluarkan zakat karena pendapatannya sudah melebihi nisab)
  2. Rumus zakat = (2,5% x besar gaji per bulan)
  3. Zakat yang harus ditunaikan per bulan sebesar Rp125.000

Zakat profesi juga bisa diakumulasikan dalam satu tahun. Caranya, jumlah pendapatan gaji berikut bonus dan lainnya dikalikan satu tahun kemudian apabila hasilnya mencapai nisab, selanjutnya dikalikan dengan kadar zakat 2,5%.

  1. Jadi, Rp5.000.000 x 13 (gaji 12 bulan + 1 kali bonus) = Rp65.000.000
  2. Jumlah zakatnya adalah Rp65.000.000 x 2.5% = Rp1.625.000

Semoga cara menghitung zakat maal di atas dapat membantu kamu menghilangkan kebingungan selama ini. Mau mengeluarkan per bulan, atau per tahun? Terserah saja. Yang penting jangan sampai kelupaan menunaikannya, ya.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer