Siapa Saja Orang yang Berhak Menerima Zakat? Ini Penjelasannya

Sun, 12 May 2019 08:02
01F_Orang-yang-berhak-menerima-zakat750x400.jpg

Golongan orang yang berhak menerima zakat telah disebutkan oleh Allah SWT dalam Surat At-Taubah ayat 60. Sebagai umat muslim yang sudah memiliki kemampuan untuk berzakat, menunaikan Rukun Islam ke-4 ini adalah kewajiban. Di antara 8 golongan orang yang berhak menerima zakat, 4 golongan orang ini mungkin belum terlalu kamu pahami. Siapa sajakah mereka?

 

Apakah kamu sudah cukup paham dengan golongan orang yang berhak menerima zakat? (Foto: Shutterstock)

1. Gharim atau Gharimin

 Gharim atau gharimin adalah orang-orang yang terlilit hutang. Namun hanya ada 2 jenis gharim yang berhak menjadi penerima zakat yang kita berikan, yaitu: 

  • Gharim limaslahati nafsihi, merupakan golongan orang yang terlilit hutang demi kebutuhan dirinya sendiri. 
  • Gharim li ishlâhi dzatil bain, merupakan golongan orang yang terlilit hutang karena mendamaikan manusia, qabilah atau suku. 

Sedangkan orang-orang yang berhutang untuk kepentingan maksiat (seperti judi dan mabuk) dan demi memulai bisnis lalu bangkrut, bukanlah orang yang berhak menerima zakat. 

2. Muallaf

Muallaf juga termasuk orang yang berhak menerima zakat. Muallaf adalah orang yang baru masuk agama Islam. Zakat yang diberikan kepada muallaf adalah untuk mendukung penguatan iman dan takwa mereka dalam memeluk agama Islam. Zakat yang diberikan kepada muallaf juga memiliki peran sosial, yaitu untuk mempererat persaudaraan sesama kaum muslim. 

 

3. Fisabilillah

Pengertian Fisabilillah adalah orang-orang atau organisasi yang memiliki kegiatan utama untuk memperjuangankan jalan Allah dalam menyebarkan agama Islam. Zakat untuk golongan ini disalurkan demi kepentingan para muhajidin, da’i atau pemuka agama sukarelawan, pusat-pusat dakwah, dan proyek pembangunan masjid. 

 

4. Ibnu Sabil

Para musafir atau orang dalam perjalanan jauh yang kehabisan bekal dan biaya disebut sebagai Ibnu Sabil. Kehabisan biaya yang dialami Ibnu Sabil membuatnya kesulitan untuk bertahan hidup, tidak bisa melanjutkan perjalanan ataupun kembali pulang ke tanah airnya. Para Ibnu Sabil ini termasuk pekerja dan pelajar yang berada di negara asing demi tujuan yang baik. Meskipun di tanah airnya dia adalah orang kaya, tapi jika dia kehabisan biaya di negara asing, tetap berhak menerima zakat. 

 

Kenalilah golongan orang yang berhak menerima zakat. (Foto: Shutterstock)

Nah, sudah lebih kenal, kan, dengan 4 golongan orang yang berhak menerima zakat di atas?  Jadikan pengetahuan ini untuk lebih ikhlas dalam niat untuk mengeluarkan zakat kita kepada yang sedang membutuhkan.  Karena selain berpahala besar, menunaikan zakat juga menambah keimanan kita dan mempererat hubungan kita dengan sesama muslim. 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer