Bersih Sambut Bulan Yang Suci

Ramadhan, salah satu bulan pada tarikh Hijriah sangat ditunggu kehadirannya oleh umat muslim sedunia. Sesuai firman ALLAH SWT & juga diajarkan oleh Rasullullah SAW, Ramadhan adalah momen terbaik untuk introspeksi diri, meningkatkan ibadah, serta berbagi kebaikan kepada sesama umat untuk menjadi pribadi yang “bersih” dan “terlahir kembali”.

Berpuasa, menyiapkan makanan berbuka puasa & sahur bagi yang berpuasa, ibadah solat 5 waktu & Tarawih, sampai dengan berzakat fitrah adalah beberapa serangkaian ibadah yang dilakukan  oleh umat muslim saat Ramadan. Beberapa diantaranya dianjurkan untuk dilakukan bersama-sama di masjid. Maka dari itu kebersihan haruslah terwujud pada masjid agar bisa digunakan dengan nyaman dan dapat meningkatkan kualitas keimanan.

Meningkatkan ibadah di Bulan Ramadhan pastilah menjadi tujuan kita semua. Terutama ibadah yang khusyuk, syarat ibadah yang khusyuk adalah saat kita beribadah dalam kondisi yang bersih dan nyaman.

Lantai merupakan salah satu area yang perlu diperhatikan. Membersihkan lantai dengan cairan pembersih lantai yang baik seperti SUPERPELL  bisa menjadi salah satu cara efektif agar lantai tidak hanya terjaga kebersihannya tetapi juga memberikan sensasi keharuman yang berbeda. Dan ada baiknya kita membersihkan lantai sehari 2 kali pada Pagi dan Sore hari. Terutama sebelum keluarga kembali berkumpul di malam hari agar bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi seluruh keluarga. Jika lantai tetap bersih dan wangi mudah mudahan juga bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman untuk ibadah kita.

Lantai wangi dan bersih, tubuh sehat, ibadah di bulan Ramadhan Insya Allah akan lebih khusyuk.

Juga ada tuntunan/Anjuran agar dalam sholat kita sebaiknya sujud berlama-lama, terutama di raka'at akhir. Manfaat sujud berlama-lama ini selain untuk memanjaatkan do'a-do'a, dan menyegarkan otak, dapat juga menolak migrain, pening/ sakit kepala, menajamkan akal pikiran, serta melegakan sistem pernafasan.

Berlama-lama saat bersujud pasti akan lebih nyaman dan tenang kalau sajadahnya bersih serta harum. Karenanya penting untuk membersihkan Sajadah dan perangkat sholat keluarga secara rutin 3 hari sekali menggunakan RINSO dan MOLTO agar selalu bersih, lembut dan harum jelang bulan Ramadhan ini.

Di Bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu ini biasanya dijadikan juga sebagai moment untuk berkumpul bersama keluarga besar dan kerabat. Saat semua berkumpul di bulan Ramadhan, salah satu ruang di rumah yang paling sering dipakai saat tamu sedang ramai adalah kamar mandi dan toilet/WC.

Karenanya, kita harus selalu rutin membersihkan dinding dan lantai kamar mandi juga toilet/WC. Karena memang Kamar mandi dan toilet yang sehat adalah toilet yang dinding dan lantainya bersih bebas noda dan kuman, Jika Toilet bersih dan insya Allah tidak khawatir najis saat akan berwudhu, pastikan toilet dibersihkan dengan rutin ya minimal 3 hari sekali menggunakan Vixal ya agar kebersihan dan kenyamanan toilet kita selalu terjaga dan tidak ada kuman yang bersarang yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan keluarga kita.

Unilever Indonesia, salah satu produsen dengan produk dan brand yang dikenal di tengah masyarakat juga mendukung upaya untuk mewujudkan masjid yang bersih dan nyaman. Dukungan tersebut dilakukan melalui sebuah gerakan “Gerakan Masjid Bersih Hati Bersinar” yang mengajak segenap masyarakat untuk bersama sama membersihkan masjid sehingga diharapkan kegiatan beribadah di masjid menjadi lebih nyaman dalam meraih berkah di bulan Ramadhan.

Gerakan yang merupakan inisiatif luar biasa dari masyarakat bersama Superpell, Molto, Rinso, dan Vixal ini dilaksanakan di 58 masjid di kota Malang pada tanggal 22 Mei, 29 Mei, dan 5 Juni 2016. Gerakan ini juga melibatkan sekitar 300 tenaga kebersihan serta masyarakat setempat. Rangkaian kegiatan membersihkan Masjid ini akan ditutup pada puncak acara tgl 5 Juni di Masjid Al-Hidayah Kota malang, dengan tabligh akbar bersama KH Taufiqurrahman, tepat sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Mari ikut ambil bagian dari inisiatif positif ini di masjid-masjid di sekitar lingkungan anda diantaranya yaitu:

NO

Masjid

Alamat

Tabligh Akbar

Tanggal Pelaksanaan

 
 

1

Masjid Jami Darussalam

Jl. Candi Telaga Wangi RW 1 Lowokwaru Malang

Drs. Slamet Riyadi

22 Mei 2016

 

2

Masjid Al Muhlisin

Jl. Purwantoro RW 08   Blimbing Malang

KH. Syahirin

29 Mei 2016

 

3

Masjid Riyadlus Shidiqqin

Jl. Simpang Sulfat Utara GG 2 Blimbing Malang

 H.Imam Syafi'i

29 Mei 2016

 

4

Masjid Cahyaningati

Jl. West Area Komplek Permata Jingga Lowokwaru Malang

KH. Manan Idris

29 Mei 2016

 

5

Masjid Al Hidayah

Jl. LA Sucipto Blimbing Malang

KH Taufiqurrahman (Ustadz Pantun)

05 Juni 2016

 

Melalui gerakan ini, selain produk dan alat kebersihan, Unilever Indonesia juga menyerahkan donasi berupa 17 unit PureIt Marvella, Al-Quran, dan seperangkat perlengkapan ibadah, untuk bisa menunjang kegiatan beribadah di masjid.

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Artikel Terkait

Ingin tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan? Simak ulasan Sahur Amal Pepsodent Herbal di Cerita 1001 Panti Asuhan

Info Ramadhan

0

Penasaran kegiatan apa yang dilakukan Chef Gun Gun Handayana dan anak-anak yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang ? Simak terus ulasan berikut.

Info Ramadhan

0

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Kartu Ucapan