Keutamaan Bersedekah Kepada Anak Yatim Piatu

Keutamaan Bersedekah Kepada Anak Yatim Piatu

Selalu ada hikmah setiap Ramadan. Bagi keluarga Muslim, Ramadan menjadi bulan suci untuk merekatkan hubungan antarkeluarga. Mulai dari beribadah, berbuka puasa, hingga menikmati sahur, semua dijalankan bersama keluarga.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa merasakan kehangatan keluarga, seperti adik-adik dan saudara-saudara kita yang ada di panti asuhan. Bagi anak-anak yatim di panti, keluarga mereka adalah para pengurus dan kawan-kawan sepermainan di panti. Keluarga terdekat yang menjadi tempat mereka berkeluh kesah dan juga berbagi suka.

Berbekal rasa syukur, anak-anak panti menjalani kehidupan mereka yang sangat dekat dengan kesederhanaan. Berbagi makanan, berbagi cerita, hingga berbagi lantai sebagai tempat tidur pun sudah menjadi “makanan” anak panti sehari-hari. Setidaknya, inilah yang kami temukan saat mengunjungi Yayasan Pesantren dan Panti Asuhan Al-Andalusia di kawasan Bangka, Mampang dalam rangka #SahurAmalPepsodentHerbal.

Saat tiba di Al-Andalusia, sebagian anak-anak sudah bersiap-siap untuk mengikuti rangkaian acara, sementara itu sebagian lain masih tertidur pulas. Tak ada alas tidur empuk untuk mereka berbaring, hanya ada lantai keramik putih dengan lemari kayu sebagai sekat pembatas. Namun, justru dalam kebersamaan tersebut mereka saling berbagi sukacita Ramadan.

Melihat kondisi tersebut, Anda dan kita semua bisa melakukan sesuatu untuk membantu mengembangkan senyum kebahagiaan di wajah anak-anak panti lewat sedekah. Bersedekah sangat dianjurkan, terutama kepada anak yatim piatu dan di bulan suci. Bahkan, Hadits Riwayat Imam Bukhari mencatat keutamaan bersedekah kepada anak yatim piatu di mata Rasulullah SAW.

Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.”

Dalam rangka mendukung program #BelanjaBerbagi yang bertujuan mengajak masyarakat untuk mengulurkan tangan kepada anak-anak yatim piatu yang kurang beruntung di seluruh Indonesia, Pepsodent Action Herbal kembali menggelar sahur bersama teman-teman panti asuhan yang tersebar di lima provinsi.

Satu kemasan kosong Pepsodent Action Herbal yang terkumpul dari masyarakat ditukar dengan satu paket sahur. Karena yang menurut Anda sampah ternyata menjadi sedekah dan berkah untuk anak-anak panti. Hasilnya, lebih dari 64.000 paket sahur dibagikan selama #SahurAmalPepsodentHerbal. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi sehingga program Sahur Amal Peposdent Herbal bisa kembali terwujud.

Di Jawa Timur saja misalnya, #SahurAmalPepsodentHerbal disalurkan ke lebih dari 80 panti asuhan dengan jumlah paket yang disalurkan mencapai 15.000. Melalui program #SahurAmalPepsodentHerbal Pepsodent Action Herbal memberikan kesempatan kepada Anda yang ingin berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk ikut ambil bagian.

Selain melalui pengumpulan kemasan kosong pasta gigi, Anda pun bisa berbagi dengan berpartisipasi dalam program #BelanjaBerbagi. Dari setiap belanja produk Unilever yang Anda lakukan, secara tidak langsung Anda juga membantu anak-anak yatim  piatu di seluruh Indonesia.

Program yang digagas Unilever Indonesia ini rencananya akan memberikan bantuan berupa dana, edukasi, dan produk-produk Unilever ke 1001 panti asuhan yang ada di seluruh Indonesia. Yang menarik dari program #BelanjaBerbagi, program ini tidak hanya ada pada bulan Ramadan, tetapi akan berjalan sepanjang tahun hingga Ramadan tahun berikutnya. Bagi Anda yang ingin mendapat informasi lebih lanjut dan perkembangan dana yang terkumpul melalui program #BelanjaBerbagi, Anda dapat mengunjungi tautan berikut  ini.

Bersedekah pada bulan Ramadan tak hanya memberikan pahala berlipat ganda, tetapi bersedekah juga membawa hikmah dan kebahagiaan bagi anak-anak yatim piatu. Hikmah itu pula yang membuat hati kita tenteram.

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Artikel Terkait

Kemasan kosong pasta gigi yang ada di rumah Anda adalah berkah bagi saudara-saudara dan adik-adik kita yang ada di yayasan lho. Simak terus di Cerita 1001 Panti Asuhan.

Info Ramadhan

0

Ingin tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan? Simak ulasan Sahur Amal Pepsodent Herbal di Cerita 1001 Panti Asuhan

Info Ramadhan

0

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Kartu Ucapan