Kreasi Tempe Kekinian ala Chef Gun Gun

Kreasi Tempe Kekinian ala Chef Gun Gun


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu melestarikan makanan Indonesia, misalnya saja dengan cara memodifikasi dan mengkreasikan makanan tradisional dengan sentuhan modern hingga bisa tampil kekinian. Salah satu makanan tradisional Indonesia yang terkenal, bahkan mendunia adalah tempe. Chef Gun Gun Handayana, Executive Chef Unilever Food Solution punya cara tersendiri untuk membantu menjaga eksistensi tempe di kalangan anak-anak.


Ada yang menarik dari acara buka bersama dengan anak-anak yatim di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang pada 24 Mei 2018, yakni kegiatan cooking class yang melibatkan anak-anak panti asuhan. Chef Gun Gun yang pada saat itu menjadi nakhoda acara cooking class membagi anak-anak menjadi dua kelompok, yakni kelompok anak yang di bawah 15 tahun dan di atas 15 tahun.
 
Untuk kelompok anak-anak di bawah 15 tahun, Chef Gun Gun memberikan tugas kepada mereka untuk menghias cupcake. Di sini, anak-anak ditantang untuk berkreasi sekreatif mungkin menghias cupcake dengan bahan-bahan yang sudah disediakan. “Pada dasarnya, anak-anak usia segitu lebih tertarik untuk melakukan aktivitas menyusun dan merangkai, makanya saya memberikan tugas kepada mereka untuk menghias cupcake,” cerita Chef Gun Gun.


Di kelompok lain, Chef Gun Gun memberikan tugas yang sedikit lebih menantang. Chef Gun Gun menugaskan untuk membuat bruschetta yang bahan dasarnya terbuat dari tempe yang digoreng kering. Layaknya bruschetta yang modern yang kerap ditemui di restoran-restoran, Chef Gun Gun pun meminta anak-anak untuk menghias tempe tersebut dengan topping-topping yang sudah disediakan, seperti tumisan daging dan juga keju.


“Kenapa saya menggunakan tempe, terus terang, menurut saya anak-anak itu susah ya buat makan tempe atau tahu. Padahal, tempe ini tinggi protein, bisa menjadi pengganti karbohidrat, dan tinggi serat. Tempe itu enak dimakan, apalagi kalau dibikin garing seperti ini. Tapi, buat saya yang paling penting adalah memperkenalkan makanan Indonesia. Makanan Indonesia menurut saya harus dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini, walaupun tampilannya seperti pizza kalau yang sekarang,” pungkas Chef Gun Gun.


Untuk kelas memasak kali ini, Chef Gun Gun memilih menu yang minim menggunakan api, mudah dibuat, lebih banyak menggunakan sayuran, dan menyenangkan untuk anak beraktivitas. Dalam hal mengajak anak beraktivitas ke dapur, Chef Gun Gun menyarankan kepada orang tua untuk memperhatikan keselamatan anak. “Sebisa mungkin hindari anak beraktivitas langsung dengan api atau alat pemanas lain dan juga pisau,” saran Chef Gun Gun.

Inspirasi dari Royco

Tambahkan kaldu ayam mantap untuk kenikmatan sahur dan berbuka.

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Artikel Terkait

Ingin tahu seperti apa kegiatan program "Belanja Berbagi Unilever" ? Mari simak ulasannya.

Info Ramadhan

0

Kemasan kosong pasta gigi yang ada di rumah Anda adalah berkah bagi saudara-saudara dan adik-adik kita yang ada di yayasan lho. Simak terus di Cerita 1001 Panti Asuhan.

Info Ramadhan

0

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Kartu Ucapan