4 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Berpuasa

Sat, 03 June 2017 15:53

Sudah tahu cara mengatasi tenggorokan kering? Selama sehari penuh berpuasa, tubuh tentu akan kekurangan cairan. Kondisi tubuh yang seperti ini biasanya rentan terkena gangguan kesehatan, seperti tenggorokan kering. Ditambah dengan cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini.

 

Jika tak memperhatikan kesehatan tubuh, tenggorokan kering bisa berlanjut menjadi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Wah, rasanya menahan sakit tentunya membuat berpuasa menjadi tak menyenangkan. Yuk, simak beberapa cara mengatasi tenggorokan kering agar momen bulan puasa kamu selalu nyaman!

 

1. Tidur yang cukup

Hal pertama yang perlu diperhatikan pada saat bulan puasa adalah waktu istirahat yang cukup. Tidur berkhasiat untuk mengembalikan dan memperbaiki metabolisme tubuh. Jika kurang istirahat, akibatnya tubuh akan mudah merasa lemas dan pusing. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Gangguan seperti tenggorokan kering bisa saja terjadi hanya karena kita kurang beristirahat. Untuk itu, pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, minimal 6-7 jam sehari agar tubuh tetap fit dan sehat!

 

2. Perbanyak minum air putih

Selama puasa tubuh memang tidak mendapatkan cairan yang dibutuhkan. Padahal, air putih berfungsi untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan tenggorokan. Tapi tak perlu khawatir, kamu cukup mengkonsumsi air putih secara teratur pada saat bulan puasa. Usahakan untuk mengkonsumsi 2 gelas air putih pada saat sahur, 2 gelas air pada saat berbuka, dan 4 gelas air pada saat makan malam. Cara ini bisa membantu kamu mengatasi tenggorokan kering selama puasa berlangsung.

 

3. Perbanyak konsumsi buah

Mengkonsumsi buah-buahan saat bulan puasa bisa menjauhkan kita dari tenggorokan kering. Selain itu, kandungan mineral dan serat yang terdapat dalam buah juga mampu membuat tubuh terasa lebih segar. Utamakan mengkonsumsi buah dengan kadar air yang tinggi, seperti semangka, belimbing, jeruk, pir, dan melon. Selain dikonsumsi langsung, buah-buahan ini bisa dibuat menjadi smoothies hingga sajian es buah segar. Kamu juga bisa mencampurkan Buavita rasa favoritmu untuk rasa smoothies dan es buah yang lebih segar!

 

4. Kurangi konsumsi sajian yang digoreng

Gorengan atau sajian serba digoreng memang menjadi santapan favorit kala bedug sudah menggema. Sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini bisa menyebabkan tenggorokan kering hingga radang tenggorokan. Tak perlu panik, ini bukan berarti kamu tidak diperbolehkan makan gorengan sama sekali. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan jumlah porsi saat mengkonsumsinya.Tak perlu terlalu banyak dan ingat untuk minum air putih yang banyak setelah menyantapnya, ya!

 

Kalau sudah mengetahui cara mengatasi tenggorokan kering, sekarang tak perlu kuatir masalah ini akan menghampiri kamu saat bulan puasa nanti. Bye bye tenggorokan kering!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer