5 Cara Mengatasi Berat Badan Selama Bulan Puasa

Fri, 09 June 2017 13:03
Makan-buah-di-bulan-puasa-untuk-menjaga-berat-badan-750x400.jpg

Jika ingin bobot tubuh tetap terjaga selama bulan puasa, kamu perlu memperhatikan beberapa cara mengatasi berat badan berikut. Tak sedikit orang yang berasumsi bahwa ketika kita berpuasa, berat badan akan menurun dengan sendirinya. Secara logika hal ini bisa saja dibenarkan, karena tubuh tidak menerima asupan kalori selama lebih dari 12 jam.

 

Nyatanya, berpuasa selama sehari penuh tanpa dibarengi dengan pola makan yang benar hanya akan membuat berat badan malah bertambah drastis. Selain pola makan yang baik, asupan pada saat sahur dan berbuka puasa pun penting untuk diperhatikan demi menjaga bobot tubuh yang ideal dan stamina yang selalu fit. Simak 5 hal penting berikut yang perlu kamu perhatikan selama berpuasa.

 

1. Cukupi kebutuhan tidur

Kurang tidur bukan hanya berdampak pada kondisi fisik tubuhmu, tapi juga hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Salah satu akibatnya adalah nafsu makan yang meningkat dan tentunya akan mempengaruhi berat badan kamu. Untuk itu, selama puasa usahakan jam tidur terpenuhi dengan baik, sehingga nafsu makan masih terjaga dalam batas wajar.

 

2. Hindari makan besar saat berbuka

Menghindari makan besar saat buka puasa menjadi salah satu cara mengatasi berat badan di bulan Ramadhan. Setelah seharian menahan lapar, kita terkadang kalap saat menyantap hidangan berbuka. Padahal menyantap sajian secara berlebihan hanya akan menambah kalori dalam tubuh kita. Ada baiknya jika kamu mengkonsumsi takjil atau makanan ringan beberapa saat sebelum menyantap hidangan berat. Kemudian lakukan ibadah shalat tarawih, baru lanjutkan dengan makan besar.

 

3. Tetap makan buah dan sayuran

Selama bulan puasa, konsumsi buah dan sayuran penting untuk diperhatikan, karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral selama lebih dari 12 jam. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin juga membantu tubuh agar tetap bugar dan pencernaan tetap lancar selama berpuasa.

 

4. Batasi gula dan makanan manis

Sajian manis memang selalu diburu sebagai hidangan berbuka. Boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Sesekali cobalah mengkonsumsi buah kurma saat buka puasa. Selain memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga rasanya manis, buah kurma nyatanya memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dinikmati langsung, kamu juga bisa memasukan buah kurma dalam segelas Teh SariWangi panas sebagai pengganti gula pasir. Rasa manis legit dan aroma khas kurma akan membuat teh menjadi istimewa.

 

5. Atur komposisi nutrisi yang seimbang

Cara mengatasi berat badan yang perlu kamu perhatikan lagi adalah menjaga asupan dengan nutrisi yang seimbang. Komposisi nutrisi yang seimbang mampu membuat tubuh kenyang lebih lama, lebih bertenaga, dan tentunya bisa membuat berat badan tetap terjaga selama bulan puasa. Dalam setiap porsi bersantap sebaiknya mengandung 50% karbohidrat kompleks, 40-45% protein, dan 5-10% lemak sehat.

 

Jadi, sudah paham, kan, cara mengatasi berat badan di bulan puasa? Sekarang kamu tak perlu khawatir lagi berat badan akan meroket saat puasa nanti.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer