5 Macam Opor Ayam Ini Sama Lezatnya. Kamu Pilih yang Mana untuk Menu Lebaran?

Thu, 09 May 2019 08:45

Opor ayam sangat identik dengan makanan khas Hari Raya Lebaran. Ditemani ketupat atau lontong, opor ayam semakin mantap dengan hidangan pendamping seperti sambal goreng ati, sayur labu, hingga rendang daging. Kehadiran opor ayam selalu jadi favorit yang dinantikan semua orang.  

Sebagai sajian utama di hampir setiap rumah saat Lebaran, kamu mungkin akan menemukan beberapa versi opor ayam yang berbeda saat bersilaturahmi dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun sama lezatnya, memang ada beberapa variasi opor ayam yang ada di tanah air.

 

Opor Ayam Putih

Opor ayam putih tidak menggunakan kunyit dalam racikan bumbunya. Ciri khasnya menitikberatkan pada bumbu yang kuat hasil olahan jintan, ketumbar, dan juga bawang putih yang menyumbang cita rasa gurih sempurna. Banyak yang meyakini, resep opor ayam putih dari Banjarmasin memiliki racikan dengan cita rasa terbaik.

 

Opor Ayam Kuning

Walaupun tidak ada pakem pasti, banyak yang mengamini jika penambahan kunyit di hidangan opor ayam kuning tidak hanya bertindak sebagai penambah rasa, tetapi juga sebagai simbol kemakmuran dan kemenangan yang dilambangkan dengan warna kuning keemasan. Untuk memperkaya isi, bisa juga ditambahkan juga berbagai bahan tambahan, seperti tahu, tempe, atau telur.

 

santan  opor

Santan menjadi salah satu bahan utama dalam sajian opor ayam. (Foto: Shutterstock)

Opor Ayam Kering

Bisa digunakan untuk opor ayam putih dan kuning, hanya saja berbeda di waktu pemasakan dan komposisi jenis santan. Selain itu, beberapa resep opor ayam kering juga menganjurkan kita menumis terlebih dahulu daging ayam bersama bumbu, agar memiliki cita rasa lebih meresap sebelum dituangkan dengan santan. Jika pendamping opor berkuah sering disandingkan dengan lontong atau ketupat, opor ayam kering lebih terasa mantap jika digabungkan dengan kepulan nasi putih panas dan taburan bawang goreng.

 

Opor Ayam Pedas

Memiliki ciri khas kuah kental dengan warna kemerahan hasil racikan bumbu yang bercampur dengan cabai merah tentunya. Penampilannya jadi sedikit mirip gulai. Biasanya menggunakan ayam kampung yang semakin menambah rasa gurih opor. Kuah dari opor ayam yang cenderung kental, cocok disandingkan dengan sayuran berkuah yang lebih ringan.

 

ayam utk opor

Pastikan kamu menggunakan ayam yang segar dan berkualitas baik untuk mendapatkan cita rasa opor ayam yang lezat. (Foto: Shutterstock)

Opor Ayam Bakar

Racikan bumbunya kurang lebih sama dengan opor ayam biasa, tetapi dalam proses pembuatannya, setelah dilumuri jeruk nipis dan garam, potongan ayam dibakar dulu hingga setengah matang dan kulitnya kehitaman tanda sudah dibakar. Selain dibakar, ayam bisa juga dipanggang. Lalu ayam bakar ini dimasak kembali hingga benar-benar matang dan empuk ke dalam kuah berbumbu yang sudah ditambahkan santan. Cita rasa dan aroma opor ayam jadi unik berkat adanya sumbangan aroma smokey hasil bakaran. 

 

Kira-kira opor ayam mana yang akan mengisi meja Lebaran di rumahmu pada Lebaran tahun ini? Apapun pilihannya, supaya cita rasa opor ayam lebih mantap, tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam sebagai penguat rasa. Jangan lupa memperhatikan kesegaran ayam dan bumbu-bumbu terbaik untuk memastikan hidangan opor ayam kamu sempurna. Selamat berkreasi, ya!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer