Cara Membuat Rendang Daging Layaknya Orang Minang

Thu, 09 May 2019 09:19

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara membuat rendang daging selezat buatan orang Minang asli? Hidangan yang berasal dari Sumatera Barat ini berasal dari kata marandang atau yang berarti memasak dalam waktu yang lama untuk mengurangi kadar airnya.

Kepopuleran masakan rendang, khususnya rendang daging, juga tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dari kesuksesannya menyandang salah satu hidangan terlezat yang tak hanya diakui oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga mampu ‘menancapkan kuku’ di kancah kuliner dunia.

Dalam sejarahnya, rendang bahkan dianggap sebagai salah satu pengetahuan memasak yang harus dikuasai masyarakat Minang sebelum mereka merantau, sekaligus sebagai bekal selama perjalanan. Di tanah Sumatera Barat, rendang bukan hanya terbuat dari daging, tetapi juga dari bahan utama lain, seperti ikan, ayam, telur, hingga sayuran.

Di Hari Raya Lebaran, hidangan rendang daging sering disandingkan sebagai teman pelengkap sajian opor ayam. Bersanding dengan ketupat, sayur labu siam, dan sambal goreng ati ampela, yang tak kalah lezat. Mengetahui cara membuat rendang daging  khas Minang yang  sarat bumbu, tentunya akan semakin menambah kenikmatan bersantap di Hari Raya Lebaran. Sebagai petunjuk sebelum memasak, inilah cara membuat rendang daging yang kerap dilakukan oleh suku Minang.

 

bumbu rendang

Berani bumbu menjadi salah satu kesuksesan cara membuat rendang daging ala  Minang. (Foto: Shutterstock)

1. Berani bumbu

Selain menggunakan bumbu wajib seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun jeruk. Rahasia kelezatan rendang daging adalah berani bumbu. Penambahan rempah dalam jumlah banyak, akan mengeluarkan aroma yang kaya rasa dan juga menggoda selera.

 

2. Menggunakan santan dari kelapa tua

Santan dari kelapa tua memiliki cita rasa yang gurih dan banyak minyak. Minyak yang keluar dari cairan santan, dibutuhkan untuk ‘mengawinkan’ seluruh bumbu dan potongan daging. Penggunaan santan pun tidak boleh pelit. Untuk satu kilogram daging sapi, orang Minang bisa menggunakan 2 butir kelapa untuk dibuat santan. Selalu usahakan untuk menggunakan santan dari perasan daging kelapa segar karena aroma dan rasanya tak tergantikan. Tetapi, jika tidak memungkinan, walau hasilnya tidak maksimal, kamu tetap bisa menggunakan santan instan.

 

3. Memperhatikan kualitas dan bagian daging yang benar

Untuk mendapatkan cita rasa terbaik dari daging rendang, gunakan bagian paha atas dengan potongan tebal dan sedikit lemak di dalamnya. Pastikan juga untuk memilih daging segar dengan warna merah terang. Kalau mau menggunakan bagian has dalam, boleh saja. Tetapi masukkan daging setelah santan sudah mulai berminyak. Daging bagian has dalam yang cepat empuk akan jadi hancur jika dimasukkan terlalu cepat ke dalam bumbu rendang.

 

4. Hindari menggunakan daging rebus

Banyak pemasak pemula yang entah merebus atau melakukan pemasakan daging terlebih dahulu dengan panci tekan agar mendapatkan tekstur daging yang empuk. Padahal dengan cara ini maka sari daging akan keluar bersama air rebusan sehingga kala dimasak kembali bersama bumbu dan santan, cita rasa dan sari daging sudah hilang.  Cita rasa bumbu pun tidak dapat meresap sempurna ke dalam daging.

 

rendang

Kesabaran menjadi salah satu kunci kesuksesan cara memasak rendang daging khas Minang. (Foto: Shutterstock)

5. Kesabaran dalam memasak

Seperti dibahas sebelumnya, membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengeringkan bumbu dan mengawinkan keseluruhan rasa. Karenanya, memasak rendang yang lezat sudah pasti akan menguras waktumu. Pengadukan secara perlahan dan konsistensi dalam waktu yang lama, memang dibutuhkan untuk menghasilkan rendang daging yang kaya bumbu dan lezat.

 

Cara membuat rendang daging ini terlihat ribet, ya? Tapi kamu pasti akan bisa membedakan hasilnya, kok. Perjuangan membuat rendang daging dengan mengaduk secara berkala tiap 15 menit sekali, ini akan menghasilkan cita rasa rendang daging yang sempurna!. Saat aroma  daging yang mulai terkaramelisasi berpadu dengan keharuman santan yang perlahan-lahan menyeruak, tandanya kamu sudah sukses membuat rendang daging selayaknya orang Minang!  Yuk, sajikan sebagai salah satu hidangan Hari Raya Lebaran kamu!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer