Bagaimana Melakukan Pembatalan Tiket Kereta Api? Ini Caranya!

Sun, 12 May 2019 08:32
01F_pembatalan-tiket-kereta-api750x400.jpg

Pembatalan tiket kereta api mungkin saja harus dilakukan jika jadwal libur Lebaran kita berubah secara mendadak. Sekarang ini, pembatalan tiket kereta api sudah bisa dilakukan via online. Jadi kamu tak perlu repot-repot datang ke loket tiket untuk membatalkan agenda mudik secara manual. Berikut beberapa cara pembatalan tiket kereta api yang perlu diketahui sebagai salah satu persiapan mudik Lebaran kamu. 

 

Kunjungi stasiun DAOP KAI untuk pembatalan tiket kereta api secara manual. (Foto: Shutterstock)

Pembatalan manual 

Proses pembatalan tiket kereta api secara manual mengharuskan kamu untuk datang ke loket tiket dan mengisi formulir pembatalan tiket. Selain itu, pembatalan tiket juga bisa dilakukan maksimum 30 menit sebelum jam keberangkatan yang tertera dalam tiket. Berikut langkah-langkahnya.   

1. Siapkan dokumen

Siapkan dokumen pribadi sebagai syarat utama untuk membatalkan tiket kereta api, seperti Booking ID, KTP asli sesuai dengan data yang tertera pada tiket, dan fotocopy KTP. 

 2. Kunjungi stasiun

Setelah dokumen pribadi lengkap, segera kunjungi bagian customer service di stasiun kereta api dan informasikan jika kamu ingin melakukan pembatalan tiket atau merubah jadwal tiket. Perlu diingat, tak semua stasiun melayani pembatalan tiket kereta api. Hanya stasiun yang termasuk dalam Daerah Operasi Kereta Api Indonesia (DAOP KAI) yang memiliki layanan tersebut. 

 3. Isi formulir

Pihak customer service akan meminta kamu untuk mengisi sebuah formulir pembatalan tiket. Ada dua rangkap formulir yang harus diisi, formulir data tiket dan data penumpang serta informasi refund dari pembatalan tiket. 

 4. Serahkan formulir ke loket

Jika formulir sudah lengkap diisi, customer service akan menunjuk loket tertentu sebagai tujuan kamu selanjutnya. Di loket tersebut formulir pembatalan tiket akan disahkan oleh petugas dan kamu akan menerima lembar copy dari formulir tersebut.  

5. Pengambilan dana

Dana pengembalian tiket kereta api akan cair dalam waktu 30-45 hari setelah pembatalan. Kamu bisa mengambilnya melalui transfer atau secara tunai dengan membawa copy formulir pembatalan ke stasiun yang telah ditentukan. 

  

Melakukan proses pembatalan secara manual akan membuat kamu menghabiskan waktu di stasiun yang dipadati dengan penumpang mudik. Pastikan aroma tubuh tetap segar meski keringat mengucur dengan selalu menggunakan Rexona. 

  

Kini pembatalan tiket kereta api bisa dilakukan secara online. (Foto: Shutterstock) 

Pembatalan secara online 

Tak sempat atau malas pergi ke stasiun? Kamu bisa juga membatalkan tiket secara online melalui aplikasi KAI Access versi terbaru baik iOS atau pun Google Playstore dengan maksimum 24 jam sebelum waktu keberangkatan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk pembatalan tiket kereta api secara online. 

1. Kunjungi menu my trips

Sesudah melakukan log in ke dalam aplikasi KAI Access, segera kunjungi halaman My Trips. Dalam halaman ini akan terdapat kode booking tiket kereta api yang telah kamu pesan. 

2. Pilih pembatalan

Pada menu e-ticket klik tombol pembatalan. Pembatalan secara online bisa dilakukan dengan maksimum 24 jam sebelum waktu keberangkatan. 

3. Tentukan penumpang

Setelah menekan tombol pembatalan, pilih minimal satu penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api.  

4. Lanjutkan

Halaman syarat dan ketentuan pembatalan tiket akan terbuka dalam tahap ini. Baca dengan teliti, kemudian centang sebagai tanda setuju untuk melakukan pembatalan. 

5. Data akun bank

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data akun bank sebagai rekening penerima dana refund tiket. Pastikan untuk memeriksanya beberapa kali agar tak salah memasukkan data. 

6. Konfirmasi

Halaman konfirmasi akan muncul sebagai review pembatalan tiket kereta api kamu. Periksa baik-baik mulai dari data penumpang dan data keberangkatan sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

7. Konfirmasi ke dua

Setelah data pembatalan tiket sudah benar, aplikasi akan melakukan konfirmasi sekali lagi untuk melakukan pembatalan tiket. Pilih tombol, ‘yakin’ dan proses pembatalan tiket sudah selesai. 

  

Perlu diingat, baik secara online atau manual, pembatalan tiket kereta api akan dibebani biaya sejumlah 25% dari harga tiket di luar biaya order. Proses pencairan dana biasanya memakan waktu sekitar 30 – 45 hari setelah tanggal pembatalan. Nggak sulit, kan, membatalkan tiket kereta api?  

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer