Inilah Tips Memilih Menu Sahur Dalam Perjalanan Mudik

Sat, 11 May 2019 12:10
01F_menu-sahur750x400.jpg

 

Menu sahur untuk perjalanan mudik perlu dipersiapkan dengan baik jika kamu memutuskan untuk mudik lewat jalur darat. Pasalnya, arus lalu lintas selama perjalanan pulang kampung di musim mudik, memang tidak bisa ditebak. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 2 kali dari waktu normal yang ditempuh di hari-hari biasa.

Memperhatikan kondisi badan selama perjalanan mudik, tentu perlu mendapat perhatian lebih sebagaimana kita memperhatikan kondisi kendaraan yang akan membawa kita bertemu dengan orang terkasih di kampung halaman. Karena itui kita juga tidak bisa mengabaikan kebutuhan dalam berpuasa yakni sahur dan berbuka puasa. Berbagai halangan kerap menyertai, dimulai dari kondisi jalanan yang tak terkendali hingga ketersediaan rumah makan atau restoran yang nyaman untuk sahur atau buka puasa.

Nah, agar perjalanan mudik bisa berjalan dengan nyaman tanpa mengganggu kewajiban beribadah kamu, yuk simak beberapa tips praktis dalam memilih menu sahur dalam agenda pulang kampung nanti.

 

1. Pasang alarm atau penanda minimum 2 jam sebelum waktu bersantap sahur tiba. Dengan cara seperti ini, kamu bisa mempersiapkan waktu untuk memilih menu sahur tanpa terburu-buru. Rumah makan 24 jalan, rest area, atau makan kedai sederhana yang secara khusus buka untuk sahur bisa jadi salah satu pilihan berburu menu sahur.

 

 Siapkan lauk yang tak mudah basi atau tahan lama untuk lauk sahur di jalan

Siapkan lauk yang tak mudah basi atau tahan lama untuk lauk sahur di jalan. (Foto: Shutterstock)

2. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat memiliki banyak waktu untuk mencari rest area (tempat peristirahatan) dan memilih menu sahur yang sesuai dengan selera kamu.Berbeda halnya jika menumpang kendaraan umum seperti kereta api ataupun bis malam saat melakukan perjalanan mudik, kamu bisa memesan makanan yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa transportasi.

 

3. Pilih menu sahur yang tidak memiliki kombinasi minyak dan pedas. Sajian dengan tipe tersebut memiliki efek melancarkan pencernaan seketika yang mungkin akan merepotkanmu selama perjalanan.

 

4. Berniat membawa bekal sendiri untuk menu sahur selama di perjalanan? Kamu bisa memilih menu kering atau tidak berkuah agar lebih awet dan tidak menemukan kesulitan dalam bersantap. Menu yang mengenyangkan seperti nasi goreng nikmat praktis dengan tambahan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng tentu bisa menjadi pilihan pertama. Atau kamu bisa juga mengombinasikan nasi putih dengan abon, rendang daging ataupun sajian telur. Hindari menu yang berkuah serta menggunakan santan, karena umur simpannya rendah.

 

Memastikan asupan cairan yang cukup, penting diperhatikan dalam menu sahur kamu saat di perjalanan mudik.  

Memastikan asupan cairan yang cukup, penting diperhatikan dalam menu sahur kamu saat di perjalanan mudik. (Foto: Shutterstock)

5. Cukupi kebutuhan cairan untuk sahur agar tidak mengalami dehidrasi selama perjalanan. Infused water dengan kurma adalah pilihan yang pas. Jika perlu, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen kesehatan sesudah makan sahur.

 

6. Jangan melupakan peran buah untuk menjaga kebutuhan serat untuk tubuhmu. Pilih buah dengan efek mengenyangkan seperti pisang dan apel sebelum bersantap menu sahur utamamu, dan tutup dengan 2 buah kurma untuk memberikan tambahan energi.

Jadi, pastikan kamu memilih menu sahur yang tepat untuk perjalanan mudik nanti, ya. Meski sebagai musafir kamu tidak diwajibkan untuk berpuasa (namun wajib menggantinya di hari lain), namun jika keadaan memungkinkan akan lebih baik bila kamu tetap melaksanakan ibadah yang hanya datang 1 kali dalam setahun ini. Selamat bertemu dengan keluarga besar!

 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer