Patuhi Beberapa Tips Mudik Berikut Agar Aman Selama di Perjalanan

Fri, 10 May 2019 01:17

Sebelum melakukan perjalanan, beberapa tips mudik ini penting dilakukan demi memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara selama melakukan perjalanan jauh. Terkesan sepele, tapi setidaknya dapat membantumu lebih nyaman selama berada di jalan. Disadari atau tidak, agenda pulang kampung tahunan bisa saja membuatmu kapok jika salah ambil strategi, terlebih jika kamu membawa kendaraan sendiri untuk berkumpul bersama keluarga di Hari Raya Lebaran nanti.

 

Tingginya arus lalu lintas kala musim mudik yang turut membuat tingkat kecelakaan meroket, sebenarnya tidak harus terjadi selama para pengemudi tertib berkendara. Karena itu, jika kamu berkeputusan untuk membawa kendaraan sendiri di perjalanan pulang kampung kali ini, kamu cukup menerapkan beberapa tips mudik berikut ini, untuk memastikan perjalananmu aman dan nyaman! 

 

mudik

Memeriksa kendaraan kamu ke bengkel resmi merupakan salah satu tips mudik yang penting. (Foto: Shutterstock)

Mempersiapkan kondisi kendaraan secara rinci

Lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel terdekat, untuk memastikan kendaraan berfungsi sempurna, baik dari oli mesin, rem, hingga roda. Pastikan seluruh perlengkapan wajib dalam kendaraan, seperti ban cadangan, dongkrak, segitiga pengaman, hingga kotak P3K, tersedia dalam mobil. Jangan lupa juga untuk memastikan kembali fungsi lampu sign, rem, wiper dan klakson.

 

Jangan mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang disarankan

Selain menambah berat kerja mesin yang akan berakibat pada borosnya bahan bakar, mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang disarankan juga tidak baik untuk keselamatan para penumpangnya.

 

mudik

Tips mudik yang tak kalah penting adalah beristirahat  sambil menyantap bekal makanan. Menghilangkan bosan dan lapar selama perjalanan. (Foto: Shutterstock)

Membawa bekal yang cukup untuk di perjalanan

Selain membawa uang tunai demi menghindari sulitnya bertransaksi saat kesulitan menemukan gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) , membawa bekal makanan dan minuman yang cukup juga penting untuk dipersiapkan sebelum memulai perjalanan. Stok makanan dan minuman akan berguna jika kamu terkena macet selama perjalanan, sulit menemukan tempat makan, dan yang terpenting, demi mencegah terjadinya dehidrasi di jalan.

Beristirahat jika perlu

Tidak hanya kendaraannya yang harus dalam keadaan sehat, pengendaranya pun sudah pasti harus dalam keadaan fit. Biasanya, saat pengendara membawa kendaraan dalam waktu yang relatif lama, dapat berimbas pada penurunan konsentrasi. Sempatkan waktu untuk melipir dan merenggangkan otot bahkan mencuri waktu untuk sejenak memejamkan mata di beberapa rest area yang tersedia.  Pastikan kendaraanmu sudah terkunci dengan aman, ya!

Jangan mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang

Musik memang dapat menghapus rasa bosan. Tetapi jika didengarkan dengan volume berlebihan, juga akan mengganggu fokus kamu dalam berkendara. Tak hanya itu, kesehatan gendang telingamu juga pasti akan terganggu. Jika kamu membawa mobil, pastikan kamu masih dapat mendengar bunyi klakson dari pengendara belakangmu. Sedangkan untuk pengendara motor, menggunakan headset sebenarnya tidak disarankan sama sekali.

Memastikan gadget dalam keadaan penuh terisi

Pemudik jaman sekarang, pastinya sudah sering mengandalkan teknologi peta digital yang diusung oleh masing-masing gadget, maupun perangkat Global Positioning System (GPS). Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kamu, selalu pastikan baterai dari alat yang berfungsi sebagai peta acuan kamu dalam keadaan penuh. Siapkan juga power bank atau electric socket untuk membantumu mengisi daya baterai perangkat selama perjalanan. 

Patuhi peraturan lalu lintas

Setiap pemudik pastinya ingin lebih cepat tiba di kampung halaman. Tetapi jika mengendalikan kecepatan di atas ambang batas wajar menjadi pilihan, sudah tentu akan banyak kecelakaan lalu lintas yang akan terjadi. Ingat, mematuhi peraturan berlalu lintas bukan hanya untuk memperlihatkan  kamu pribadi yang baik, tetapi juga meningkatkan rasa empati terhadap sesama rekan pemudik.  

 

Semoga beberapa tips mudik di atas dapat berguna dalam perjalanan pulang kampung kamu kali ini.  Mudik dengan aman dan nyaman tentunya menjadi keinginan semua pengendara.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer