Siapkan Menu Buka Puasa Praktis Ini untuk Temani Perjalanan Mudik

Sun, 12 May 2019 07:51
01F_menu-buka-puasa750x400.jpg

Mencari menu buka puasa kala sedang dalam perjalanan mudik terkadang menjadi dilema. Kondisi di perjalanan yang tak sesuai dengan harapan, seperti jalanan yang macet atau  rumah makan yang dipadati pengunjung karena juga ingin berbuka, kerap membuat kita menunda buka puasa dengan menu yang seharusnya. Buka puasa kamu mungkin jadi sekedar ‘yang penting perut terisi’. Padahal kamu memerlukan makanan sehat dan bergizi setelah lebih dari 12 jam berpuasa. Beberapa tips ini mungkin bisa menjadi panduan kamu agar tetap berpuasa dalam perjalanan mudik dan berbuka puasa tepat waktu 

 

1. Siapkan bekal buka puasa praktis 

Bagi kamu yang melakukan perjalanan cukup panjang, selalu sediakan bekal untuk berbuka di jalan. Perkirakan waktu perjalanan dengan waktunya berbuka. Dengan begitu kamu akan mudah menyiapkan bekal untuk membatalkan puasa. Bagi yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi  dengan durasi waktu yang lama, siapkan bekal dengan lauk yang umur simpannya lama.  

 

Selain mencegah agar tak mudah basi, lauk kering lebih praktis dibawa kemanapun. Masakan seperti ikan teri balado, rendang, kering tempe, atau kering kentang bisa jadi salah satu pilihanmu. Jangan lupa untuk selalu sedia Buavita untuk membatalkan puasa, selain air putih. Jus buah kemasan yang praktis adalah pilihan ideal untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralmu selama di perjalanan.  

 

Sementara untuk kamu yang menggunakan transportasi  umum, seperti pesawat atau kereta api, siapkan bekal dengan membeli menu komplit di bandara atau stasiun. Menu yang praktis seperti nasi goreng spesial, mi goreng, atau nasi ayam goreng bisa jadi salah satu pilihan menarik.  

Hindari restoran yang sibuk dengan menu yang dimasak dadakan agar kamu tak perlu berlama-lama menunggu.

2. Hindari restoran sibuk 

Jika waktu menginjakkan kaki di rumah makan atau restoran sudah mendekati waktu berbuka, rsebaiknya kamu memilih rumah makan atau restoran yang menyajikan hidangan siap saji. Rumah makan Sunda, rumah makan Padang, soto, atau kedai sop bisa jadi pilihan. Ini demi mencegah kamu menunggu lama. Hindari restoran sibuk yang menghidangkan masakan-masakan yang dimasak dadakan. Misalnya kedai seafood, Chinese restaurant, atau  resto lain yang menu-menunya perlu dimasak dari awal karena akan berisiko mengantri.  

 

Beli menu buka puasa di perjalanan dengan mengunjungi pasar kaget yang selalu ada di bulan Ramadhan. (Foto: SHutterstock)

3. Kunjungi pasar Ramadhan 

Ini adalah pilihan lain bagi kamu yang melewati jalur darat. Pasar kaget Ramadhan kerap muncul di jalan-jalan yang dilewati arus mudik. Manfaatkan momen ini sebagai akses mudah mendapat hidangan buka puasa secara kilat. Siapkan alat makan di mobil sehingga kamu bisa menjinjing makanan berbuka dan melanjutkan perjalanan jika waktu berbuka masih lama.   

 

Tak sulit, kan, mempersiapkan menu buka puasa untuk dibawa di perjalanan? IKuti saja paduan di atas. Acara mudik kamu akan jadi lebih tenang dan nyaman 

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer