5 Tips Membersihkan dan Melindungi Rumah dari Debu

Tahukah Anda, kalau lebih dari 90% debu yang ada di rumah berasal dari luar seperti debu jalanan? Namun, debu juga bisa diakibatkan karena kertas, kain, dan bahkan pakaian-pakaian berbahan dasar kulit. Debu ini bisa menempel di berbagai tempat mulai dari dinding, langit-langit, perabotan rumah tangga serta di bagian-bagian yang sulit dibersihkan seperti di karpet dan di sofa. Selain itu, debu juga bisa mengapung di udara dan menempel di kipas angin. Oleh karena itu, agar rumah bebas debu, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini:

  1. Membersihkan rumah dari debu dengan vacum

Debu sering kali sulit dihilangkan. Sering kali justru malah beterbangan sehingga kebanyakan debu-debu tersebut sebenarnya tidak keluar rumah melainkan kembali menempel di beberapa perabotan. Untuk itu vacuum cleaner adalah cara paling tepat untuk membersihkan debu.

 

  1. Mengepel dan mengelap

Debu tidak sepenuhnya bisa dibersihkan dengan hanya menyapu. Anda juga harus mengepel lantai setelah menyapu karena ini adalah cara paling efektif untuk menangkap debu dan sisa-sisa kotoran yang tidak ikut tersapu. Gunakan pel yang kering dan mudah menyerap air agar debu dan kotoran tidak mudah menempel. Sedangkan untuk perabotan, bebaskan mereka dari debu dengan menggunakan lap basah yang diikuti dengan lap kering.

 

  1. Perhatikan di bagian karpet dan sofa

Untuk membersihkan karpet dari debu, Anda tidak hanya dapat mengandalkan vakum yang hanya sekedar menghisap debu. Kita juga membutuhkan vacuum cleaner yang benar-benar kuat dan bisa mengikat dan menyapu karpet sekaligus. Begitu juga jika Anda memiliki sofa yang terbuat dari bahan-bahan seperti kain microfiber, Anda harus rutin membersihkannya dengan menggunakan vakum.

 

  1. Jemur karpet dan kasur sebulan sekali

Setidaknya sekali sebulan kasur dan karpet harus dijemur di bawah terik sinar matahari. Hal ini untuk menghilangkan bakteri dan kuman pada karpet dan kasur. Setelah dijemur, Anda juga harus memukul-mukulnya dengan menggunakan pemukul khusus seperti yang terbuat dari rotan agar debu bisa berguguran.

 

  1. Membersihkan debu dengan kain microfiber

Ini merupakan salah satu cara membersihkan debu rumah yang paling efektif. Gunakanlah kain microfiber yang sudah dibasahi sebelumnya. Cara ini sangat efektif untuk mengangkat debu karena debu cenderung lebih mudah menempel di kain tersebut.

 

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Artikel Terkait

Menghilangkan bau ruangan pun menjadi bagian dari jadwal rutin bersih-bersih pemilik rumah.

Rumah Bersih

10

Bagi Anda yang tak tahu harus memulai darimana agenda bersih-bersih rumah, mari ikuti tips ini.

Rumah Bersih

6

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Kartu Ucapan