Ini Doa Menempati Rumah Baru yang Baiknya Kamu Ketahui

Fri, 10 May 2019 02:02

Membaca doa menempati rumah baru adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh para pasangan muda yang akan memulai kehidupan baru di rumah idamannya. Doa-doa ini berisi harapan dan permohonan kepada Allah SWT akan ketenangan dan kebahagiaan untuk memulai kehidupan baru. Tujuan dan harapannya tentu supaya rumah tersebut akan membawa keberkahan dan membuat penghuninya merasa betah. Ini dia beberapa doa menempati rumah baru yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan para ulama.

 

doa

Doa menempati rumah baru yang dipanjatkan pasangan muda mengandung harapan akan berkah dari Allah SWT. (Foto: Shutterstock) 

Basmalah dan Surat Al-Fatihah

Dalam Islam selalu diajarkan untuk membaca basmalah setiap akan melakukan sesuatu. Akan lebih baik lagi jika dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Karena Surat Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Quran dan memiliki makna pembukaan. Jadi, sangatlah pas jika kita membuka langkah pertama kita di rumah baru dengan membaca surat ini.

 

Surat Al-Mu’minun ayat 28-29

Bacaan lainnya yang bisa kita baca saat memasuki rumah baru adalah Surat Al-Mu’minun ayat 28-29. Berikut bacaan dan artinya: Fa iżastawaita anta wa mam ma'aka 'alal-fulki fa qulil-ḥamdu lillāhillażī najjānā minal-qaumiẓ-ẓālimīn. Wa qur rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn.

Artinya: “Dan apabila engkau dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, maka ucapkanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim’. Dan berdoalah, ‘Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat’.” 

Arti surat ini memiliki makna permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan berkah pada tempat tinggal kita.

 

Membaca Surat Al-Baqarah

Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah dijelaskan kalau Rasulullah menganjurkan agar rutin membaca Al-Quran di rumah, terutama Surat Al-Baqarah karena bisa mengusir syaitan dari rumah tersebut. "Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syaitan lari dari rumah yang dibacakan Surat Al-Baqarah di dalamnya." (HR Muslim No. 1860). Jika ingin rumahmu selalu tenang, nyaman, dan membawa kesejukan bagi semua anggota keluarga, sering-seringlah membaca Al Quran di rumah.

 

Doa Rasulullah SAW

Seperti yang diriwayatkan hadis dari Imam Muslim, bahwa Khaulah binti Hakim Radhiyallahu 'Anhuma pernah berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: ‘A'udzubikalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq’ (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya), , maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut."(HR. Muslim). Oleh karena itu, biasakan untuk membaca doa yang disarankan oleh Rasulullah ini setiap kali kita datang ke tempat baru.

 

rumah baru

Rasa bahagiamu harus selalu diiringi dengan rasa syukur dan memohon perlindungan, salah satunya dengan membaca doa menempati rumah baru ini. (Foto: Shutterstock)

Beberapa doa menempati rumah baru di atas merupakan amalan yang memiliki makna sangat baik, yaitu harapan akan keselamatan dan berkah dari Allah SWT. Jadi, biasakan untuk rutin membacanya saat memulai hidup baru bersama pasangan, ya. Semoga kebahagiaan dan ketenangan selalu bersama kita semua.

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer