5 Inspirasi Menu Buka Puasa dan Sahur yang Praktis

Thu, 09 May 2019 09:45
12_5-Inspirasi-Menu-Buka-Puasa_750x400.jpg

Segala  kesibukan rutin harian  terkadang membuat kamu hampir lupa menyiapkan menu buka puasa dan sahur yang praktis. Saking tanpa persiapan, tak jarang kamu berbuka puasa sembarangan dan sahur dengan makanan instan. Tak ingin ini terulang di Ramadhan tahun ini, kan?

Supaya buka puasa dan sahur tetap maksimal dengan menu makanan sehat namun praktis, inilah beberapa ide menu yang bisa kamu sajikan untuk berbuka puasa dan sahur.

 

1. Cap Cay Ayam

Demi memenuhi kebutuhan serat dan membuat perasaan kenyang lebih lama, kamu wajib mengonsumsi sayuran dan protein yang cukup. Masakan yang ditumis cenderung membutuhkan waktu masak  yang lebih singkat. Cap Cay Ayam misalnya, dengan menu ini, kamu tak perlu lagi memasak sayuran dan lauk secara terpisah. Tambahkan daging ayam, ampela, dan telur puyuh agar tumis sayuran dan lauk ini lebih ramai dan komplit.

 

tumis daging

Menu tumis daging sapi dengan tambahan paprika atau cabai hijau selalu lezat untuk menu buka puasa dan sahur. (Foto: Shutterstock)

2. Tumis Daging Cabai Hijau

Penyuka pedas pasti ingin tetap menikmati masakan yang menggugah selera lewat rasa yang pedas gurih. Tumis daging sapi cabai hijau bisa jadi salah satu ide praktis dan menarik.  Masak bersama bawang putih, bawang merah, serai, cabai hijau, dan tambahkan Royco Kaldu Sapi untuk membuat cita rasanya semakin mantap. Gunakan daging sapi bagian has dalam atau has luar supaya teksturnya lebih empuk dan proses matangnya lebih cepat.

 

3. Nasi Rendang

Nasi bumbu rendang adalah salah satu menu unik yang bisa kamu coba di Ramadhan bulan ini. Terinspirasi dari nasi kebuli, kamu bisa menggunakan daging sapi atau daging ayam sebagai salah satu bahan utama nasi rendang ini. Tumis bumbu merah, yaitu bawang putih, bawang merah, dan cabai merah bersama serai dan lengkuas hingga harum dan matang. Aduk bersama daging ayam atau daging sapi dan Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Rendang, masak hingga berubah warna. Tuang santan dan garam. Lalu masak bersama beras yang sudah dicuci bersih. Kamu bisa memindahkannya ke dalam rice cooker agar tak perlu repot mengukusnya  lagi. Sajikan bersama acar mentimun.

 

4. Mi Tumis Udang Jamur

Untuk menu ini kamu bisa memilih mi kesukaan, misalnya bihun, kwetiau, atau suun. Gunakan udang ukuran sedang atau besar untuk cita rasa yang lebih gurih. Tambahkan ragam jamur seperti jamur merang, tiram, atau jamur shimeji. Komplit, kamu sudah mendapat karbohidrat, sayur, dan lauk dalam satu masakan. 

 

5. Sup Iga Kacang Merah

Gunakan slow cooker agar kamu bisa meninggalkan sup iga semalaman hingga iga matang dan empuk pada saat sahur. Cukup masukkan iga sapi, kacang merah, bawang merah, bawang Bombay, seledri, dan batang bawang daun. Masak semalaman dalam slow cooker. Saat sudah hampir matang, tambahkan merica, garam, dan Royco Kaldu Sapi. Tambahkan potongan buncis dan wortel agar kandungan nutrisinya lebih lengkap.

 

Menyiapkan menu buka puasa dan sahur kini tak lagi membuat pusing, kan? Yuk, sajikan pilihan makanan praktis, lezat, dan bergizi di atas untuk Ramadhan tahun ini!

Inspirasi Lainnya
Inspirasi Populer