Menu Sahur Tepat agar Tidak Mudah Merasa Lapar di Siang Hari

Cukup mudah mempertahankan berat badan ideal selama Ramadhan. Dengan menerapkan pola makan yang benar, kita dengan mudah menepis anggapan banyak orang, kemungkinan besar berat badan bertambah selama berpuasa 30 hari. Mungkin kita dapat menyontoh resep menu sahur dari seorang Pakar Diet dan Fitnes sekaligus Founder & CEO of Dunia Fitness, Denny Santoso berikut ini :

50 sampai 80 gram beras merah
100 gram dada ayam/ikan/sapi
100 gram sayuran
Susu tinggi protein


Menurut Denny, makanan ideal adalah makanan yang rendah lemak, rendah karbohidrat, dan tinggi protein. "Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan dengan sifat karbohidrat simpel adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim, dan biskuit," kata Denny.

Sedangkan karbohidrat yang seharusnya kita konsumsi adalah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Dicampur dengan protein seperti ayam, ikan, sapi, putih telur, tahu dan tempe.

Sedangkan cara mengolah daging yang sehat, lanjut Denny, adalah yang direbus, dibakar, atau dipanggang. Tidak dianjurkan untuk digoreng menggunakan minyak, bumbu sarat lemak atau menggunakan gula.

"Garam diperbolehkan, tapi dalam jumlah yang sangat kecil. Garam diet lebih disarankan," kata Denny.

Lebih lanjut, porsi menu di atas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh. Terpenting, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis saat sahur, karena akan membuat kita lapar atau haus saat siang hari.

"Pastikan cukup hidrasi dengan mengonsumsi 500 ml sampai 1 liter air selama berolahraga," kata Denny.

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Artikel Terkait

Menu yang satu ini bisa menjadi pilihan hangat untuk sahur keluarga Anda.

Sahur

3

Bila Anda ingin mencoba makanan yang berbeda untuk sahur, cobalah Pancake Sunny Side Up!

Sahur

1

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Kartu Ucapan