Es Teh Cendol ala Sariwangi

Bahan-Bahan:

  • 2 kantung Teh Celup Sariwangi
  • 1 bungkus (100 gram) Cendol Siap Saji
  • 150 ml Santan Matang
  • ½ balok sedang (74 gram) Gula Merah atau Gula Jawa
  • 300 ml Air
  • 3 sdm Gula Pasir
  • Seujung sdt Garam
  • 2 lembar Daun Pandan yang diikat (disimpulkan)
  • 12 buah Es Batu

 

Cara Membuat:

  1. Rebus gula merah atau gula jawa, daun pandan, dan gula pasir di dalam 300 ml air hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, diamkan di atas api selama 5 menit. Kemudian, matikan api dan saring ke dalam sebuah wadah.
  3. Celupkan 2 kantung Teh SariWangi ke dalam wadah berisi air rebusan gula dan daun pandan hingga kental, yakni selama 2-3 menit.
  4. Tambahkan garam dan santan.
  5. Masukkan cendol siap saji ke dalam gelas, lalu tuang air teh dan santan ke dalamnya.
  6. Sebagai pelengkap, tambahkan es batu ke dalam gelas saji.
  7. Es Teh Cendol ala SariWangi siap dihidangkan.

 

Resep minuman di atas dapat menghasilkan 3 gelas Es Teh Cendol untuk Anda nikmati bersama keluarga atau orang terdekat. 

Nah, di dalam resep minuman Es Teh Cendol ini terdapat santan dari kelapa yang digunakan sebagai bahan utama. Tahukah Anda bahwa santan mengandung beberapa senyawa aktif yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas? Di samping itu, santan juga dapat membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan, seperti meringankan gejala sakit maag. Santan juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bahkan, santan dapat memberikan 22% dari asupan zat besi harian yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, santan sering digunakan untuk membantu pengobatan anemia.

Pandan juga salah satu bahan yang digunakan dalam resep minuman Es Teh Cendol. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Pandanus amaryllifolius ini cukup populer karena dapat membuat aroma hidangan jadi lebih sedap. Daun pandan ternyata sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan kram dan kejang di perut. Bahkan, daun yang sangat wangi ini juga dapat meredakan nyeri kepala dan sakit telinga.

Perpaduan rasa yang unik dari cendol dengan es teh ini hanya bisa Anda temukan dalam resep Es Teh Cendol ala SariWangi! Tentu Anda sudah tidak sabar untuk membuatnya, bukan? Mari kita coba di rumah!

 

 

Inspirasi dari Sariwangi

SariWangi Teh Asli, teh pilihan Indonesia, adalah teh celup yang pertama hadir di Indonesia sejak 1973. Diolah dari daun teh pilihan berkualitas, SariWangi Teh Asli memberikan rasa dan aroma teh lebih segar, menjadikan momen ngeteh keluarga lebih dekat dan istimewa.

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Artikel Terkait

5 Resep takjil untuk meriahkan buka puasa bersama di rumah.

Takjil

0

Makanan yang menjadi primadona di kala bulan Ramadhan ini diburu bukan hanya karena rasanya yang sungguh menggugah selera, tapi juga mampu menjadi sumber kalori yang dapat dicerna tubuh secara cepat, loh.

Takjil

0

Anda sudah ke

Panti Asuhan

Kartu Ucapan